Espin Tulie Prioritaskan Rehabilitasi Hutan dan Lahan dalam Masa Jabatan Baru

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie, menegaskan komitmennya untuk menjadikan rehabilitasi hutan dan lahan sebagai agenda utama dalam masa jabatan 2024-2029. Espin menyatakan hal ini dalam wawancara pasca-pelantikannya, menyoroti meningkatnya frekuensi bencana alam, khususnya banjir, sebagai dampak dari kerusakan hutan di daerah tersebut.

BACA JUGA :  Di Pohuwato, Bayi Diketahui Ibunya Tertukar Usai Persalinan

“Saya menyadari bahwa degradasi hutan adalah salah satu faktor utama penyebab banjir di Gorontalo. Oleh karena itu, saya akan memfokuskan usaha untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai upaya mitigasi bencana,” ujarnya.

Pada masa jabatan sebelumnya, Espin lebih banyak berfokus pada pengembangan sektor UMKM. Namun, dengan meningkatnya ancaman lingkungan, ia merasa perlu untuk memusatkan perhatian pada isu konservasi hutan dan lahan.

BACA JUGA :  Sektor Pertanian Tempati Porsi Terbesar Dalam Menggerakan Perekonomian Gorontalo

Selain itu, Espin juga berperan aktif dalam Panitia Khusus RPJPD Perubahan, di mana ia berupaya agar perencanaan pembangunan jangka panjang daerah memberikan perhatian lebih pada isu lingkungan. Ia berharap upaya ini akan berdampak pada kebijakan pembangunan yang berkelanjutan di masa mendatang.

“Dengan memasukkan isu lingkungan secara kuat dalam RPJPD, kami berharap pembangunan di 20 tahun mendatang akan lebih berkelanjutan dan selaras dengan pengelolaan sumber daya alam yang baik,” tambahnya. (IH)