Alhamdulillah Jabang Bayinya Negatif Covid-19 Hasil Rapid Tes, dan Ibunya Positif

Labuhanbatu, (MEDGO.ID)– Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) R berusia 45 tahun warga Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan (Labusel) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) setelah dilakukan rapid test di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu, pada Rabu (22/04) dini hari.

Informasi yang dihimpun wartawan, hal tersebut terungkap saat yang bersangkutan hendak memeriksakan kehamilan untuk proses lahiran (bersalin) di salah satu rumah sakit swasta di Kab. Labuhanbatu, Selasa (21/04/2020) malam.

Karena memiliki keluhan selain kondisi kehamilan, yang bersangkutan akhirnya dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut ke RSUD Rantauprapat. Curiga dengan kondisi yang bersangkutan, pihak RSUD Rantauprapat kemudian melakukan rapid test.

Kredit Mobil Gorontalo

Hasilnya, wanita tersebut dinyatakan positif Covid-19. Pihak rumah sakit kemudian melakukan isolasi sementara terhadap yang bersangkutan sambil menunggu ketersediaan tempat di rumah sakit rujukan.

“Ini masih hasil rapid test. Nanti untuk pastinya akan dilakukan tes Swab. Awalnya yang bersangkutan memeriksakan diri tentang kehamilan, namun pihak rumah sakit curiga dengan keluhan lain. Akhirnya dilakukan rapid test. Dia dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak medis RSUD Rantauprapat,” ungkap Rajid Humas Penangulangan Penangulangan Covid-19.

BACA JUGA :  Menyambut Festival Pesona Pocin Tahun 2024, Pemda Pohuwato Tengah Mempersiapkan Pelaksanaannya

Disebutkan, mereka sudah berkoordinasi dengan pihak RSUD Rantauprapat dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Labuhanbatu untuk penanganan pasien tersebut. Menurutnya, pasien akan dikirim ke rumah sakit rujukan, untuk mendapatkan penanganan lebih maksimal.

“Untuk rumah tempat tinggal yang bersangkutan akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Sedangkan keluarga serta tetangga, termasuk bidan yang memeriksa wanita tersebut akan dilakukan rapid test,” tandasnya.

Rajid , mengaku belum mengetahui riwayat perjalanan maupun kontak yang telah dilakukan yang bersangkutan. Menurutnya, petugas masih melakukan penanganan.

“Kami imbau warga tetap tenang dan melakukan berbagai anjuran yang telah disampaikan pemerintah, yakni phsycal distancing, jangan keluar rumah, dan jaga lebersihan,” tutupnya.

Sementara informasi yang diterima menyebutkan bahwa sebelum menjalani pemeriksaan di RSUD Rantauprapat

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Serahkan LKPD Anaudited TA 2023 pada BPK RI

R(45) diketahui ditangani diRumah Sakit Nuraini Kota Pinang dan Elpi Al
Azis Rantauprapat, Labuhanbatu.

“R sebelumnya berada di RSU Nuraini Kotapinang untuk persalinan, dari Nuraini R di rujuk ke RSU Elpi Al Aziz Rantauprapat,selanjutnya R dirujuk ke RSUD Rantauprapat Selasa, tanggal 22 April 2020 pukul 10.00 wib,” kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19,Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan Rabu (22/4/2020) pagi.

Disampaikan Rajid, saat R sampai di RSUD Rantauprapat, pihak RSUD curigai gejala R terpapar covid 19, hingga Pihak RSUD Rantauprapat ambil sikap untuk lakukan Rapid-tes Setelah hasil rapid tes R positif, lanjut Rajid, sebelum menghubungi Dinkes Labusel untuk fasilitasi R, pihak RSUD sempat hubungi Rumah sakit rujukan di Medan.

“Namun Saat di hubungi oleh RSUD Rantauprapat,Pihak Rumah Sakit Adam Malik tidak bisa menerima karena pasien penuh, sementara Rumah Sakit Permata Priska Medan tidak bisa terima pasien dikarenakan sedang hamil,”terang Rajid

BACA JUGA :  Peresmian Bandara Panua Pohuwato Akan Diresmikan Tersendiri, Untuk Peresmian Besok Dibatalkan

” Kemudian, Dinkes Labuhanbatu hubungi Dinkes Labusel agar memfasilitasi R untuk ditindak lanjuti,” sambung Rajid.

Informasi terkini, kata Rajid lebih jauh, R yang kini sebagai Pasien Dalam Perawatan (PDP) akan di jemput oleh Dinkes Labusel. Dalam kesempatan itu juga Rajid himbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada, laksanakan anjuran pemerintah dalam protokol kesehatan Covid 19. “Tak bosan bosannya kembali kami sampaikan,agar masyarakat untuk waspada dan tetap tenang, laksanakan anjuran pemerintah. ” Bilangnya.

Pasien yang masih sementara berstatus PDP tersebut telah melahirkan seorang bayi perempuan, Rabu (22/04/2020), dengan keadaan sehat dan hasil Rapid tes dinyatakan negatif gejala Covid-19. Saat ini pasien masih dalam penanganan RSUD Rantauprapat.

“Tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB pasien telah melahirkan bayi perempuan. Hasil pemeriksaan, bayi dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19,” ucap Rajid.

(Dian)