Bapppeda dan SKALA Gorontalo Gelar Konsultasi Publik RAD Kelapa Sawit Berkelanjutan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dalam rangka menghimpun aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat, Bapppeda Provinsi Gorontalo berkolaborasi dengan SKALA Provinsi Gorontalo dalam menyelenggarakan forum konsultasi publik Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD-KSB) 2024-2026.

Forum konsultasi publik ini digelar pada Rabu, 11 September 2024 di Hotel Aston. Sejumlah instansi telah diundang oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim. Mereka antara lain ICMI, SKALA, Biota, Burung Indonesia, HIPMI, Japesda, Forum Komunitas Hijau Gorontalo, Apindo, PW Nahdlatul Ulama, PW Muhammadiyah, Forum Tata Ruang, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah, SDGs Center UNG, Salampuan, Forum Literasi, Yayasan Putra Mandiri, Wire-G, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi Gorontalo.

“Kegiatan ini berdasarkan Instruksi Presiden Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Tahun 2019-2024,” bunyi kalimat pada surat undangan yang ditandatangani secara elektronik oleh Sofian Ibrahim.

BACA JUGA :  Taekwondo Sumbang Medali Emas Ketiga Untuk Kontingen Gorontalo

Dalam surat ini juga dikatakan bahwa Bapppeda Provinsi Gorontalo telah merampungkan penyusunan dokumen RAD-KSB (Rencana Aksi Daerah–Kelapa Sawit Berkelanjutan) tahun 2024-2026 sebagai pedoman bagi pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini akan terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama akan diisi pemaparan tentang manajemen DBH kelapa sawit dari Kementerian Keuangan, pemaparan profil dan Elevaluasi RAD-KSB di Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA :  Almarhum Herson Taha Terima Piagam Pahlawan Olahraga dari Pemprov Gorontalo

Sesi kedua diisi dengan pemaparan arah kebijakan dan strategi pembangunan perkebunan kelapa sawit nasional oleh Kementerian Pertanian.