12 Negara Peserta AMFC (Asian Mini Football Championship), Siap Berlaga

Gorontalo, MEDGO.ID — Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Asian Mini Football Confederation menggelar undian grup (drawing) 12 negara peserta Asian Mini Football Championship (AMFC) 2023 yang digelar di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (5/5/2023).

Undian grup 12 negara peserta AMFC 2023 menempatkan negara negara unggulan Asia Barat di pot 1 yakni Arab Saudi, Irak, Qatar dan Bahrain. Pot 2 ditempati Kazakhstan, Iran, Singapura dan Malaysia. Di pot 3 ada Taiwan, Thailand, Vietnam dan tuan rumah Indonesia.

Presiden Asian Mini Football Confederation Mohamad Hesam Aldousari mendapat kehormatan untuk mengundi pertama tim di pot 1. Hasilnya Bahrain menempati grup A ditemani Kazakhstan dan Vietnam.

Kredit Mobil Gorontalo

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mendapat kesempatan kedua untuk mencabut satu negara unggulan untuk mengisi tim pertama di grup B. Hasilnya Irak menjadi tim unggulan yang akan berhadap dengan Singapura dan Taiwan di grup yang sama.

Sejumlah perwakilan federasi mini football Asia yang hadir juga diberi kesempatan untuk melakukan pengudian. Presiden Federasi Mini Football Irak Hatem Abdood Mohaisen, Presiden dan Sekjen Federasi Mini Football Jordania Khalid Abdulrahman Jaffa dan Kelly Jo Gerkins. Ada juga Presiden Federasi Mini Football Taiwan Jhonnie Nielsen dan Amir Sjarifuddin Wong dari Federasi Mini Football Malaysia diberi kesempatan mengundi.

BACA JUGA :  Paris RA Jusuf: Legislative Expo dan UMKM SulutGo XII, Wadah Sosialisasi Penting Bagi DPRD

Presiden Asian Mini Football Confederation Mohammad Hesam Aldousari menyambut baik hasil undian grup. Ia menilai Arab Saudi sebagai negara asalnya tidak gentar bertemu dengan tuan rumah Indonesia di babak grup. Ia yakin partai itu menjadi salah satu yang seru untuk ditonton.

BACA JUGA :  Dugaan Kasus Penganiayaan oleh Oknum Dosen, Begini Respon Fakultas Hukum UNG

“Grup ini grup saudara sebetulnya. Kalau Indonesia menang saya yang lebih dulu memberikan selamat. Kalau Arab Saudi menang Indonesia akan memberi selamat,” kata Aldousari dengan berbahasa Arab yang diterjemahkan.

BACA JUGA :  Antoni Karim Potensial Penerus Program Hamim Pou di Pilkada 2024 Bersama Merlan Uloli

Hal senada diungkapkan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Sebagai tuan rumah pelaksanaan gelaran perdana Mini Football Asia, ia optimis timnas Indonesia bisa mengalahkan Arab Saudi dan Malaysia untuk melaju ke babak delapan besar.

“Harusnya kita bisa masuk (delapan besar), minimal jadi runner-up. Optimis dong, jangan mau kalah sama Arab,” tuturnya sambil berkelakar.

Berikut daftar lengkap pembagian grup 12 negara peserta Asian Mini Football Championship 2023;

Grup A
Bahrain
Kazakhstan
Vietnam

Grup B
Irak
Singapura
Taiwan

Grup C
Qatar
Iran
Thailand

Grup D
Arab Saudi
Malaysia
Indonesia

(Adv/Tim Liputan Dinas Kominfotik)