Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Dorong PLN Gorontalo Manfaatkan Tongkol Jagung Penggerak Turbin Listrik

Gorontalo, Medgo.ID  — Penggunaan batu bara sebagai penggerak turbin PLTU harus dikurangi, dengan memanfaatkan  sampah rating /dahan pohon dan tongkol jagung, sebagai alternatif lain,  guna membuktikan  mengurangi penggunaan batu bara.

Tenaga ahli Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, memyambangi PLN Gorontalo, untuk menjajaki kerjasama mamanfaatkan sampah/ yang tak bernilai bernilai yang bermanfaat ekonomi bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Jalan Panjaitan Gorontalo Lumpuh, Aksi Mahasiswa Tuntut Proses Hukum Oknum Polisi Represesif

Rustam Akili selaku Ketua Tim saat menyambagi kantor PLN Gorontalo, pada Senin (01/09/2021), menyampaikan bahwa Rachmat Gobel sangat mendukung upaya berbagai pihak termasuk terobosan yang akan dilakukan perusahaan listrik negara ini, dalam upaya mengurangi penggunaan batu bara sebagai sumber utama mendukung kebutuhan energi.

Turut hadir dalam kunjungan kerjasama ini, Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran, Ridwan Monoarfa, Charles Budi Doku (CBD) Staff Khusus, Mikson Yapanto staff khusus, Sherly Djou Pengurus Koperasi, dan bersama Tim teknis yang bakal mengembangkan ide PLN Gorontalo tersebut.

Tenaga Ahli Rachmat Gobel dan PLN Gotontalo
Tenaga Ahli Rachmat Gobel dan Manajer PLN Gotontalo
BACA JUGA :  Mencapai Kemakmuran Gorontalo, Rachmat Gobel Ajak Menyaksikan Kemajuan Turki

Rustam berharap kesepakatan ini dapat segera ditindak lanjuti, dan bakal membuat rumah contoh dari bahan limbah abu batu bara (Flay Ash) . Selain mengembangkan limbah abu batu bara, kerjasama ini juga akan mengembangkan lantoro dan sampah dahan/ranting, tongkol jagung, serbuk kayu,  sebagai bahan energi, untuk mengurangi penggunaan batu bara sekitar 20 persen.

Rencananya, Mikson Yapanto menambahkan bahwa saat masa reses DPR-RI September ini,   dalam waktu dekat, Rachmat Gobel bersama Dirut PLN meninjau dan meyaksikan MoU (perjanjian kerjasama) pemanfaatan tongkol jagung untuk suplai ke PLN Gorontalo.

BACA JUGA :  Ini Rumah Warga Panglima Polem Usai Kebakaran dibersihkan Pemilik Rumah

Manajer PLN Gorontalo Gatut Pujo Pramono, menyampaikan rasa terima kasihnya, ada perhatian dari Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, dalam membantu pasokan listrik dengan mengurangi penggunaan batu bara, dan mendorong industri yang memanfaatkan limbah debu batu bara.

Manajer PLN Gorontalo Gatut Pujo Pramono
Manajer PLN Gorontalo Gatut Pujo Pramono (medgo. Id)

Pujo  berharap dengan kerjasama ini selain membantu PLN, dapat membuka lapangan kerja dan peluang usaha baru bagi masyarakat gorontalo.

Dan yang terpenting, visi energi rama lingkungan yang digagas PLN ke depan, secara bertahap dapat diwujudkan. Dan Gorontalo sudah memulai, diharapkan juga akan menjadi contoh bagi daerah lain.

BACA JUGA :  Rakernas I JMSI di Kota Semarang Jawa Tengah, Ini Agendanya !

Pujo mengutarakan bahwa, manakala gagasan PLN ini terealisasi, seperti lantoro ini, peluang eksport dan dapat memenuhi kebutuhan PLN karena kalorinya cukup tinggi untuk menjadi energi terbaharukan.

Kayu Lantoro Sumber Energi Alternatif
Kayu Lantoro yang dapat menjafi bahan bakar untuk Sumber Energi Alternatif, mengurangi penggunaan batu bara (Medgo.ID)

Menurutnya lagi, PLN dan Tim RG, bersama koperasi akan secepatnya menanda tangani kontrak kerjasama dibidang suplai bahan bakar menggunakan sampah dahan/ranting, tongkol jagung,  serta pemanfaatan / pengerjaan debu batu bara menjadi bahan produktif yang bernilai ekonomis tinggi.

Puji mengungkapkan, sebagai contoh batu bata dengan bahan semen dan pasir harga pasaran berkisar 2.500 – 3.000 rupiah. Dengan memanfaatkan limbah debu batu bara hanya dengan modal 600 rupiah dapat memproduksi satu batu bata.

Debu Batu Bara (Fly Ash) diolah jafi batako / bata ringan oleh PLN Gorontalo
Debu Batu Bara (Fly Ash) diolah jafi batako / bata ringan oleh PLN Gorontalo
BACA JUGA :  Jalan Panjaitan Gorontalo Lumpuh, Aksi Mahasiswa Tuntut Proses Hukum Oknum Polisi Represesif

Jadi, kerjasama yang disokong Wakil DPR melalui Tim nya, akan memberikan manfaat bagi PLN Gorontalo dan masyarakat luas. (MDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here