Valeriy: Indonesia Tanah Air Keduaku

LVIV, UKRAINA, MEDGO.ID – Valeriy Voskoboynikov, warga Kota Kharkiv, Ukraina, laki-laki kelahiran 40 tahun yang lalu, dan fasih berbahasa Indonesia, ternyata begitu mencintai Indonesia.

Adanya Invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu, dimana Kota Kharkiv juga tak luput dari bombardir Rusia, memaksa Valeriy bersama istrinya meninggalkan Kota Kharkiv dan mengungsi ke Kota Lviv.

Kecintaan Valeriy pada Indonesia bukan tanpa sebab karena Valeriy sudah sering datang ke Indonesia dan bahkan pernah menetap lama.

“Lamanya tinggal di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, telah membuat saya jatuh cinta. Indonesia adalah tanah air kedua bagi saya. Walaupun banyak perbedaan tapi banyak kemiripan antara Ukraina dan Indonesia”, kata Valeriy, Sabtu (12/3/2022), melalui sambungan telepon seluler kepada medgo.id.

Valeriy Voskoboynikov, warga Kota Kharkiv, Ukraina. (Dok. foto: Val).

Val, demikian dia akrab disapa, menuturkan bahwa dirinya sudah sejak tahun 2004 sering mengunjungi Indonesia seperti ke Kota Cirebon, Bali dan Jepara.

“Dari tahun 2014 hingga 2015, saya tinggal di Indonesia. Kemudian pada tahun 2019 lalu, saya sempat tinggal selama 6 bulan”, kata Val.

Val juga mengatakan bahwa dirinya menyukai budaya Indonesia salah satunya adalah musik.
“Saya menyukai musik asli Indonesia khususnya musik adat atau etnis. Untuk musik jenis lainnya, saya lebih menyukai musik keroncong dan musik pop seperti yang dinyanyikan oleh Benyamin S, daripada musik dangdut”, ungkap Val.

Soal menu masakan Indonesia, Val mengatakan bahwa dirinya menyukai menu ikan Bawal bakar.
“Saya juga suka sambal matah, sambal tomat, sambal cabai goreng dan sambal kecap. Tapi kalau sambal dabu-dabu, itu terlalu pedas untuk saya”, tutur Val.

Saat ditanya apakah ada rencana untuk kembali lagi ke Indonesia.
“Belum ada rencana. Karena semasa ada perang, para lelaki Warga Negara Ukraina yang berumur 18 hingga 60 tahun tidak diperbolehkan pergi ke luar negeri”, jawab Val.(*).

Exit mobile version