Rektor UNG, Eduart Wolok (Foto: Humas UNG)
Rektor UNG, Eduart Wolok (Foto: Humas UNG)

GORONTALO, MEDGO.ID – Dalam mendukung eksistensi Kerjasama Utara-Utara agar dapat memberikan dampak besar bagi Kemajuan Daerah, Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Eduart Wolok mendorong Daerah yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) untuk dapat mengembangkan sejumlah sektor yang memiliki potensi. Salah satu Sektor yang dianggap memiliki potensi besar yakni sektor industri.

Menurut Eduart, Industri merupakan sektor yang bisa mempercepat proses tumbuh kembang suatu daerah. Rektor mencontohkan meskipun sektor pertanian saat ini menjadi kontribusi bagi Jawa barat, tetapi hari ini sektor terbesar di daerah tersebut yakni sektor industri.

BACA JUGA :  Polsek Kota Tengah Amankan Pelaku Spesialis Jambret HP

“Industri tersebut yang menjadikan jarak antara Jawa dan luar Jawa khususnya Sulawesi menjadi jauh lebih besar. Sehingga BKSU yang melibatkan beberapa Daerah harus berani mengembangkan sektor industri,” ujar Eduart.

Eduart menjabarkan sektor Industri yang harus dikembangkan tidak harus mengikuti industri yang ada di Jabodetabek, namun lebih berbicara pada sektor industri yang benar-benar mampu di-support yakni Industri Pariwisata.

BACA JUGA :  Ketua PP Muhammadiyah: UU Ciptaker Berbuah Legalisasi Industri Miras

“Industri Pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan industri yang mendorong perekonomian tumbuh dengan pesat. Untuk Daerah yang tergabung dalam BKSU khususnya Kab. Gorontalo Utara untuk wisata pantai merupakan salah satu surga di Indonesia, ” jelasnya.

BACA JUGA :  Apriyanto : Mangkir Lagi Panggilan Sidang Korupsi GORR, Gubernur Bisa Dipidanakan

Mengangkat industri pariwisata kata Rektor dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan dari pemerintah daerah seperti alokasi APBD untuk pariwsata dan pembangunan infrastruktur pariwisata.

“Berbagai potensi Daerah harus kita perkuat seperti Sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah, kemudian kita tingkatkan pengembangan sektor industri yang Insya Allah dapat memberi dampak besar bagi Daerah,” pungkasnya. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here