Kalau Berlibur Ke Gorontalo, Belum Lengkap Bila Tak Ke Benteng Otanaha

Benteng Otanaha Dua

Berkunjung ke Gorontalo, rasanya tak sempurna kalau kalian tak mendatangi Objek Wisata Sejarah Benteng Otanaha.

Menuju ke Benteng Otanaha, bila kalian dari arah Bandara Djalaludin dapat ditempuh lebih kurang 30 menit, menggunakan kendaraan roda empat,  atau roda dua sekitar 15 menit.

Benteng Otanaha Kedua

Sebelum sampai di Objek Wisata yang telah dimasukan dalam Cagar Budaya Indonesia ini, kalian akan disuguhi indahnya pemandangan alam desa dan pegunungan, serta tepi Danau Limboto.

Setiap pengunjung diharuskan membeli karcis atau retribusi untuk masuk ke dalam lokasi Benteng Otanaha, tak akan merobek kantong pengunjung, sebab untuk pemeliharaan dan pengembangan tempat bersejarah ini, dengan nilai lima ribu ruppiah  per orang, akan terbayar dengan pemandangan dan indahnya bangunan.  apalagi bagi anda konten kreator harga segitu sangat murah dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh.

Benteng Otanaha Satu

Benteng Otanaha ada tiga buah, yang pertama paling besar dan berada dipuncak tertinggi , kedua ukurannya hampir sama dengan yang pertama hanya berada pada ketinggian lebih rendah dari yang pertama, dan ketiga paling kecil dan berada dibawah benteng pertama dan kedua perbedaannya sekitar 75-100 meter dari benteng yang pertama.

Pintu Benteng Otanaha Satu
Pintu Utama Benteng Otanaha Satu

 

Untuk pemandangan, setelah kalian berada dipuncak tak diragukan, sebab akan terlihat Kota Gorontalo, Danau Limboto serta Kabupaten Gorontalo, sedangkan Kabupaten Bone Bolango kelihatan samar dari puncak benteng.

Benteng Otanaha Ketiga

Jadi, bagi anda yang berkunjung ke Gorontalo, jangan lupa mampir supaya kata orang,”sempurna kunjungan wisata kalian ke Gorontalo”. Bukan begitu ? dan jangan lupa abadikan serta bagikan ke media sosial untuk promosi pariwisata Indonesia.(RM)

Exit mobile version