Dirjen Cipta Karya: Pasar Pagi Kaliwungu Setara Dengan Pasar-Pasar di Jakarta

KENDAL, MEDGO.ID – Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR Republik Indonesia, Ir. Diana Kusumastuti, M.T, kunjungi Pasar Pagi Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (28/08/2021).

Dalam kunjungannya, Dirjen Cipta Karya, disambut secara langsung oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc.

Bupati Kendal yang didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Alfebian Yolando, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, melihat secara langsung kondisi pasar dan berdiskusi tentang berbagai hal dengan Dirjen Cipta Karya, terkait keberadaan Pasar Pagi Kaliwungu yang saat ini menjadi perbincangan di tingkat nasional.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Dalam diskusi tersebut, Alfebian Yolando membenarkan bahwa Pasar Pagi Kaliwungu menjadi percontohan model pasar tradisional dengan konsep desain modern di tingkat Nasional.

“Pasar Kaliwungu memiliki kemanfaatan yang besar terutama dari desainnya yang mengutamakan kebersihan sehingga memberikan kenyamanan lebih kepada para pengunjung”, ujarnya.

Sementara itu, Ir. Diana Kusumastuti mengatakan bahwa Pasar Pagi Kaliwungu menjadi sebuah model pasar modern di Jawa Tengah, bahkan setara dengan pasar-pasar di Ibukota DKI Jakarta.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Hal ini dapat dilihat dari Desain Bangunan Hijau (DBH)-nya, serta memiliki ruang terbuka yang cukup banyak sehingga menjadikan perawatannya lebih terjangkau dan terjaga kebersihannya.

“Pasar ini memiliki sirkulasi udara yang sangat baik, namun mungkin harus diseragamkan lagi desainnya, dan juga kebersihannya harus harus terus dijaga, terutama di lokasi los pedagang basah”, kata Ir. Diana.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kendal juga memaparkan bahwa Pasar Pagi Kaliwungu, menjadi percontohan pasar sehat dengan menerapkan prokes.

“Banyak sekali pejabat instansi dan lembaga yang berkunjung untuk meninjau dan melihat langsung seperti apa pasar sehat ini dari tingkat provinsi hingga nasional”, kata Dico.

Lebih lanjut, Bupati Kendal, juga berpesan kepada paguyuban pasar dan para pedagang pasar agar tetap menjaga kebersihan pasar, sehingga kesehatan para pedagangnya terus terjaga dengan baik. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here