Antisipasi Kluster Covid-19 Saat Pilkada, KPU Sumbar Gelar Simulasi

PADANG, MEDGO.ID – Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) di Sumatera Barat semakin dekat. KPU Sumbar menggelar acara simulasi pemilihan umum dimasa Pandemi di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Simulasi ini bertujuan agar tidak terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes) pada pelaksanaan Pilkada (09/11) mendatang.

Lokasi simulasi untuk Kota Padang berada di TPS 36, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, acara dimulai pukul 07.00 WIB. Simulasi ini dihadiri langsung ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani, yang didampingi Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Aan Wuryanto. Simulasi di TPS 36 dipandu langsung oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra beserta komisioner lainnya.

Kredit Mobil Gorontalo

Ditempat yang berbeda, tim simulasi berada di TPS 08 Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman dengan koordinator Izwaryani didampingi Kasubag Teknis dan Hupmas Jumiati juga melakukan simulasi Pilkada.

Dalam acara simulasi ini, semua yang hadir ikut serta mempraktikkan tata cara dari awal pencoblosan hingga meninggalkan lokasi TPS, mulai dari pendaftaran, tatacara menunggu, masuk TPS, menandai jari dengan tinta, sampai keluar dari lokasi TPS.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045

Yanuk Sri Mulyani mengatakan pilkada saat ini berbeda tata-cara pelaksanaannya karena sekarang kita berada dimasa Pandemi Covid -19.

“Pelaksanaan pilkada harus mengikuti standarisasi kesehatan dunia, agar tidak ada kluster baru nantinya,” ujarnya, Sabtu (21/11)

BACA JUGA :  KPU Pohuwato Gandeng Media Sukseskan Pilkada 2024

Pelaksanaan simulasi ini juga bertujuan agar tidak terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan pilkada pada 9 Desember mendatang dimasa Pandemi ini.

“Kita perlu melakukan simulasi ini secara masif, agar petugas pemilihan atau TPS dan pemilih dapat memahami tata-cara pemilihan masa pandemi, sehingga saat hari-H semua berjalan baik dengan tanpa ada kendala dan masyarakat tetap sehat,” sambung Yanuk.

BACA JUGA :  Habiskan Anggaran 437 Miliar, Bandar Panua Pohuwato Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi 

Dalam pelaksanaan Pilkada, Yanuk berharap masyarakat tidak takut datang ke TPS dalam menentukan pemimpin pilihannya untuk 5 tahun mendatang, tetap menjaga dan taat pada protokol kesehatan, diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau memakai sarung tangan. (Asep)

Editor : Surya Hadinata