Tragis ! Belasan Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Sumedang

Sumedang, MEDGO.ID – Sebuah bus masuk jurang di Sumedang. Kecelakaan bus Sumedang tersebut dialami sebuah bus pariwisata, yang mengangkut wisatawan siswa SMP asal Subang.

Terjadi kecelakaan Wado itu tepatnya di wilayah Tanjakan Cae, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang pada Rabu 10 Maret 2021 malam.

Dalam kecelakaan bus Sumedang tersebut dikabarkan belasan orang tewas. Kades Sukajadi, Kec. Wado, Dede Suhendar kepada wartawan melalui ponselnya, menjelaskan kecelakaan wado.

Kredit Mobil Gorontalo

“Bus pariwisata itu ukurannya cukup besar dan jumlah penumpang pun banyak, ada ibu-ibu, anak-anak dan orang tua,” ucapnya, Rabu 10 Maret 2021 malam, yang dilansir dari deskjabar.com

Dede menambahkan, belasan orang yang meninggal dunia, kini dibawa ke Puskesmas Wado. Kebanyakan kecelakaan bus Sumedang itu adalah wanita dan anak anak jadi korban.

“Saya sendiri ikut mengevakuasi korban yang meninggal dunia, ada sebanyak 15 orang. Ya, meninggal dunia sekira belasan orang,” jelasnya.

Bus nahas tersebut, ujar dia menambahkan, melaju dari arah Malangbong tujuan Sumedang. Kecelakaan terjadi tepatnya di Kp. Kawung Luwuk Rt 1 RW 6 Dusun Cilangkap Desa Sukajadi Kec. Wado.

Mengutip sebagian penumpang yang selamat, kades mengatakan jika korban merupakan rombongan asal Subang.

“Mereka pulang dari tempat ziarah, Pamijahan Tasikmalaya,” ucap dia.

Korban masih dievakuasi dan di lokasi pun sudah ada petugas dari kepolisian.

Bus tersebut terjun ke jurang di Jalan Raya Wado-Malangbong pada Rabu 10 Maret 2021 sekitar Pukul 18.00 WIB.

Bus berisis rombongan siswa SMP yang pulang ke Subang, setelah melakukan ziarah. Diperkirakan sebagian besar penumpangnya tewas.

Fachmy Fachrulrazy melalui akun Twitter @Ffachrulrazy melaporkan telah terjadi kecelakaan bus pariwisata perjalanan pulang ziarah menuju Subang. Menurutnya, 95 persen penumpangnya meninggal dunia.

“Kecelakaan bus pariwisata perjalanan pulang ziaroh menuju Subang, 95% meninggal dunia, semoga mereka Husnul khatimah dan mendapatkan tempat paling indah disisi allah Palms up together aamiin.. alfatihah,” tuturnya.

Bus pariwisata tersebut adalah rombongan pelajar SMP IT Subang.

Sementara itu dikutip dari PRFM News melaporkan bahwa satu unit bus dilaporkan terperosok ke dalam jurang.

Informasi dari warga juga menyebutkan bus tersebut berisi rombongan siswa SMP dari Subang.

Dalam konfirmasi yang dilakukan PRFM News, Kasatlantas Polres Sumedang AKP Eryda Kusumah membenarkan adanya kecelakaan lalu lintas di Tanjakan Cae, wilayah Wado Sumedang.

“Betul ada kejadian laka (kecelakaan) di Wado,” singkat AKP Eryda saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Situasi terakhir di lokasi kejadian, bus dalam posisi terbalik setelah terpersok ke jurang.

Belum diketahui secara rinci jumlah korban maupun penyebab kecelakaan maupun tersebut.

Dipaparkan AKP Eryda, evakuasi terhadap bus yang terperosok saat ini masih berlangsung. (*)

Sumber : Deskjabar.com